Contoh PTK SD Kelas IV
A. JUDUL PENELITIAN
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG KELILING SEGITIGA DAN JAJARAN GENJANG MENGGUNAKAN MEDIA LIDI SISWA KELAS IV
SDN 1 BINA KARYA BUANA
B. BIDANG KAJIAN
METODE PEMBELAJARAN
C. PENDAHULUAN
Matematikasebagai ilmu dasar segala bidang ilmu pengetahuan adalah hal yang sangat penting untuk kita ketahui. Akan tetapi tidak jarang baik guru maupun siswa mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. Salah satu permasalahannya yaitu menyangkut pengelolaan proses belajar mengajar mata pelajaran matematika di SD adalah kurangnya pengetahuan bagi guru SD, serta terbatasnya dana dan sarana tentang bagaimana cara membuat dan menggunakan media/alat peraga dalam pembelajaran matematika. Pengelolaan proses belajar mengajar yang klasik dan monoton tanpa adanya media/alat peraga membuat siswa jenuh dan sulit memahami konsep matematika yang bersifat abstrak.
Memasuki bulan Oktober, ketika diadakan Uji Kompetensi mulai tampak timbul suatu masalah. Ada sebagian siswa berteriak-teriak, ada yang garuk-garuk kepala, juga tidak sedikit yang menangis karena merasa tidak bisa mengerjakan. Akhirnya nilai yang diperoleh oleh siswa kelas IVpada materi menghitung keliling segitiga dan jajaran genjang jatuh. Dengan kondisi tersebut guru sebagai peneliti merasa pembelajaran matematika dikelas IV kurang berhasil.
Siswa pada usia sekolah dasar dalam memahami konsep-konsep matematika masih sangat memerlukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan benda nyata (pengalaman-pengalaman konkret) yang dapat diterima akal mereka.Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti mencoba mengetengahkan salah satu bentuk pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Dalam penyampaian pembelajaran ini peneliti menggunakan media/alat peraga lidi untuk meningkatkan keterampilan menghitung keliling segitiga dan jajaran genjang.
D. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
Bertolak dari permasalahan diatas, maka perumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
“ Bagaimana penggunaan dan penerapan media lidi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menghitung keliling segitiga dan jajaran genjang di kelas IV SD ?”
Diharapkan dengan penggunaan dan penerapan media lidi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menghitung keliling segita dan jajaran genjang. Untuk mencapai hal tersebut maka peneliti memberikan beberapa contoh danmelatih siswa menggunakan media lidi dalam penyelesaian menghitung keliling segitiga dan jajaran genjang.
E. TUJUAN PENELITIAN
Penulisan penelitian ini bertujuan agar siswa mampu meningkatkan keterampilan penggunaan media lidi dalam menghitung keliling segitiga dan jajaran genjang.
F. MANFAAT HASIL PENELITIAN
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi bagi semua pihak, antara lain:
1. Bagi Siswa
Meningkatkan keterampilan bagi siswa tentang penggunaan media lidi dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat berperan aktif dan kreatif terutama pada perhitungan keliling segitiga dan jajaran genjang.
2. Bagi Guru
Memberikan pembelajaran secara langsung bagi guru tentang pembelajaran yang menggunakan media lidi guna meningkatkan keterampilan siswa dalam menghitung keliling segitiga dan jajaran genjang, sehingga menambah wawasan dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas.
3. Manfaat Untuk Sekolah
Hasil penelitian ini dapat digunakan bagi sekolah untuk meningkatkan pemahaman tentang fungsi penelitian tindakan kelas.Catatan
Untuk File lengkapnya bisa Klik Disini
0 comments:
Post a Comment