Contoh PTK SD Kelas IV



A.           JUDUL PENELITIAN

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG KELILING SEGITIGA DAN JAJARAN GENJANG MENGGUNAKAN MEDIA LIDI SISWA KELAS IV
SDN 1 BINA KARYA BUANA
                                        
B.            BIDANG KAJIAN

METODE PEMBELAJARAN

C.           PENDAHULUAN

Matematikasebagai ilmu dasar segala bidang ilmu pengetahuan adalah hal yang sangat penting untuk kita ketahui. Akan tetapi tidak jarang baik guru maupun siswa mengalami kesulitan dalam mempelajarinya.  Salah  satu  permasalahannya yaitu menyangkut  pengelolaan  proses  belajar  mengajar  mata  pelajaran  matematika di  SD  adalah  kurangnya  pengetahuan  bagi  guru  SD,  serta  terbatasnya  dana  dan  sarana  tentang  bagaimana  cara  membuat  dan  menggunakan  media/alat  peraga  dalam  pembelajaran  matematika. Pengelolaan proses belajar mengajar yang klasik dan monoton tanpa adanya media/alat peraga membuat siswa jenuh dan sulit memahami konsep matematika yang bersifat abstrak.

Memasuki bulan Oktober, ketika diadakan Uji Kompetensi mulai tampak timbul suatu masalah. Ada sebagian siswa berteriak-teriak, ada yang garuk-garuk kepala, juga tidak sedikit yang menangis karena merasa tidak bisa mengerjakan. Akhirnya nilai yang diperoleh oleh siswa kelas IVpada materi menghitung keliling segitiga dan jajaran genjang jatuh. Dengan kondisi tersebut guru sebagai peneliti merasa pembelajaran matematika dikelas IV kurang berhasil.

Siswa  pada  usia  sekolah  dasar  dalam  memahami  konsep-konsep  matematika masih  sangat  memerlukan  kegiatan-kegiatan  yang  berhubungan  dengan  benda  nyata  (pengalaman-pengalaman konkret) yang  dapat  diterima  akal  mereka.Dalam  penelitian  tindakan  kelas  ini,  peneliti  mencoba  mengetengahkan  salah  satu  bentuk  pembelajaran  aktif,  kreatif,   efektif,  dan  menyenangkan. Dalam  penyampaian  pembelajaran   ini   peneliti  menggunakan  media/alat  peraga  lidi untuk meningkatkan keterampilan menghitung keliling segitiga dan jajaran genjang.

D.           PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH

Bertolak  dari  permasalahan  diatas,  maka  perumusan   masalah  pada  penelitian  ini  adalah sebagai berikut :
“ Bagaimana  penggunaan   dan  penerapan  media  lidi  dapat  meningkatkan  keterampilan  siswa  dalam  menghitung keliling segitiga dan jajaran genjang  di kelas  IV  SD  ?”

Diharapkan dengan penggunaan dan penerapan media lidi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menghitung keliling segita dan jajaran genjang. Untuk mencapai hal tersebut maka peneliti memberikan  beberapa  contoh danmelatih  siswa menggunakan  media  lidi  dalam  penyelesaian menghitung keliling segitiga dan jajaran genjang.

E.            TUJUAN PENELITIAN

Penulisan  penelitian  ini  bertujuan  agar  siswa  mampu  meningkatkan  keterampilan  penggunaan  media  lidi  dalam  menghitung keliling segitiga dan jajaran genjang.





F.            MANFAAT HASIL PENELITIAN

Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  memberikan  konstribusi  bagi  semua  pihak,  antara  lain:
1.        Bagi Siswa
Meningkatkan  keterampilan  bagi  siswa  tentang  penggunaan  media  lidi  dalam  proses  pembelajaran  sehingga  siswa dapat berperan  aktif  dan  kreatif  terutama  pada  perhitungan keliling segitiga dan jajaran genjang.
2.        Bagi Guru
Memberikan  pembelajaran  secara  langsung  bagi  guru  tentang  pembelajaran  yang  menggunakan  media  lidi  guna  meningkatkan  keterampilan siswa  dalam menghitung keliling segitiga dan jajaran genjang,  sehingga  menambah  wawasan  dalam  melaksanakan  proses  pembelajaran  di  kelas.
3.        Manfaat Untuk Sekolah
Hasil  penelitian  ini  dapat  digunakan   bagi  sekolah  untuk  meningkatkan  pemahaman  tentang  fungsi  penelitian  tindakan  kelas.

Catatan
Untuk File lengkapnya bisa Klik Disini 

0 comments:

Post a Comment