KUMPULAN RPP FISIKA K13
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMK BINTANG NUSANTARA
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas/Semester :
X/Semester 1
Materi Pembelajaran :
Pengukuran
Alokasi Waktu :
6 JP (3 x 2JP)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar
1.1.
Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya
1.2.
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang mengatur
karakteristik fenomena gerak, fluida dan
kalor
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan
2.2.
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
3.1.
Memahami
hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian dan aturan
angka penting)
4.1.
Menyajikan hasil pengukuran besaran
fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan
ilmiah
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1
Memami kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
3.1.2 Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan Yang Maha Esa terhadap fenomena gerak
3.2.1 Menampilkan prilaku ilmiah
dalam kehidupan sehari-hari
3.2.2 Membangun kelompok untuk
melakukan percobaan
3.3.1 Mempelajari prinsip-prinsip
pengukuran
3.3.2 Menentukan hasil pengukuran
3.4.1 Menggunakan alat ukur dengan
tepat
D.
Deskripsi Materi Pembelajaran
1. Ketelitian (akurasi) dan ketepatan (presisi)
2. Kesalahan pengukuran
3. Penggunaan angka penting
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama : (2JP)
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Berdoa
·
Apersepsi (Guru
bertanya “apakah siswa sudah pernah mendengar istilah ukuran, alat ukur dan
pernah mengukur)
·
Orientasi (Guru
menampilkan gambar/video yang berhubungan dengan materi mengukur suatu benda)
·
Motivasi
(Memberi contoh tentang manfaat mempelajari pengukuran)
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa mencari
pendapat dari beberapa sumber tentang bermacam alat ukur dan cara
menggunakannya.
·
Siswa menyimak
berbagai cara penggunaan alat ukur.
·
Guru
menilai keterampilan siswa dalam mengamati
Menanya
·
Siswa
mendikusikan dengan teman kelompok mengenai cara menggunakan alat ukur
·
Guru
membimbing dan memotivasi siswa
|
60 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta
mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa cahaya
·
Guru memberikan memberikan penghargaan kepada kelompok yang
bekerja baik.
·
Guru memberikan Tugas Rumah tentang kesalahan pengukuran dan
angka penting sebagai bahan pertemuan selanjtnya.
|
15 menit
|
2. Pertemuan Kedua ( 2 JP)
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Berdoa
·
Apersepsi (Guru
bertanya “apakah siswa sudah menyelesaikan tugas yang diberikan kemarin)
·
Orientasi (Guru
menampilkan gambar/video yang berhubungan dengan materi angka penting dan kesalahan pengukuran)
·
Motivasi
(Memberi contoh tentang manfaat mempelajari angka penting dan kesalahan
pengukuran)
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mencoba
·
Siswa mencoba
melakukan pengukuran beberapa benda yang ada disekitar kelas,
Mengasosiasi
·
Siswa dalam
kelompok mendiskusikan hasil percobaanya dan menuliskannya dalam laporan.
|
60 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta
mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa cahaya
·
Guru memberikan memberikan penghargaan kepada kelompok yang
bekerja baik.
|
15 menit
|
3. Pertemuan Ke 3
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Berdoa
·
Apersepsi (Guru
bertanya “apakah setiap kelompok sudah menyelesaikan laporannya)
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengomunikasikan
·
Perwakilan
kelompok memaparkan hasil diskusi
·
Guru menilai keterampilan menyaji dan
berkomunikasi
|
60 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta
mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa cahaya
·
Guru memberikan memberikan penghargaan kepada kelompok yang
bekerja baik.
·
Guru memberikan Tugas Rumah sebagai bahan pendalaman materi.
|
15 menit
|
F.
Penilaian
1.
Tekni Penilaian
1.1 Tes
Tertulis dan Tes Lisan
1.2 Observasi
1.3 Penilaian
praktek
2.
Instrumen penilaian dan pedoman
penskoran
2.1 Soal
Pilihan ganda dan uraian dengan bobot penskoran sesuai dengan bobot soal.
2.2 Lembar
observasi
Penskoran
2.3 Lembar
praktik
G.
Media/Alat,
Bahan dan Sumber Belajar
1.
Media/alat
1.1 Video
pembelajaran
1.2 Projektor
1.3 Labtob
1.4 Alat-Alat
ukur
2.
Bahan
2.1 meja
2.2 batu
2.3 kubus
3.
Sumber belajar
3.1 Buku teks pelajaran
3.2 Lembar
Kerja
3.3 Lembar
tabulasi pengamatan siswa
3.4 Literature
terkait dengan pengukuran
Menyetujui
Kepala Sekolah
SRININGSIH,
S.Pd
NIY. 196605151211003
|
Rumbia, ………………………… 2014
Guru Mata Pelajaran
MAKSUM, S.Pd
NIY. 198404131211008
|
0 comments:
Post a Comment