KUMPULAN RPP FISIKA K13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                  : SMK BINTANG NUSANTARA
Mata Pelajaran                       : Fisika
Kelas/Semester                     : X/Semester 1
Materi Pembelajaran             : Pengukuran
Alokasi Waktu                       : 6 JP (3 x 2JP)

A.             Kompetensi Inti
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.              Kompetensi Dasar
1.1.         Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.         Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik  fenomena gerak, fluida dan kalor
2.1.     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan
2.2.     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.1.     Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian dan aturan angka penting)
4.1.     Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
C.              Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1  Memami kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
3.1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa terhadap fenomena gerak
3.2.1 Menampilkan prilaku ilmiah dalam kehidupan sehari-hari
3.2.2 Membangun kelompok untuk melakukan percobaan
3.3.1 Mempelajari prinsip-prinsip pengukuran
3.3.2 Menentukan hasil pengukuran
3.4.1 Menggunakan alat ukur dengan tepat
D.             Deskripsi Materi Pembelajaran
1.      Ketelitian (akurasi) dan ketepatan (presisi)
2.      Kesalahan pengukuran
3.      Penggunaan angka penting
E.              Kegiatan Pembelajaran
1.       Pertemuan Pertama : (2JP)
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·        Berdoa
·        Apersepsi (Guru bertanya “apakah siswa sudah pernah mendengar istilah ukuran, alat ukur dan pernah mengukur)
·        Orientasi (Guru menampilkan gambar/video yang berhubungan dengan materi  mengukur suatu benda)
·        Motivasi (Memberi contoh tentang manfaat mempelajari pengukuran)
·        Menyampaikan tujuan pembelajaran
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·               Siswa mencari pendapat dari beberapa sumber tentang bermacam alat ukur dan cara menggunakannya.
·               Siswa menyimak berbagai cara penggunaan alat ukur.
·               Guru menilai keterampilan siswa dalam mengamati
Menanya
·               Siswa mendikusikan dengan teman kelompok mengenai cara menggunakan alat ukur
·               Guru membimbing dan memotivasi siswa
60 menit
Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa cahaya
·         Guru memberikan memberikan penghargaan kepada kelompok yang bekerja baik.
·         Guru memberikan Tugas Rumah tentang kesalahan pengukuran dan angka penting sebagai bahan pertemuan selanjtnya.
15 menit

2.       Pertemuan Kedua ( 2 JP)
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·              Berdoa
·              Apersepsi (Guru bertanya “apakah siswa sudah menyelesaikan tugas yang diberikan kemarin)
·              Orientasi (Guru menampilkan gambar/video yang berhubungan dengan materi  angka penting dan kesalahan pengukuran)
·              Motivasi (Memberi contoh tentang manfaat mempelajari angka penting dan kesalahan pengukuran)
·              Menyampaikan tujuan pembelajaran
15 menit
Kegiatan Inti
Mencoba
·          Siswa mencoba melakukan pengukuran beberapa benda yang ada disekitar kelas,
Mengasosiasi
·               Siswa dalam kelompok mendiskusikan hasil percobaanya dan menuliskannya dalam laporan.
60 menit
Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa cahaya
·         Guru memberikan memberikan penghargaan kepada kelompok yang bekerja baik.
15 menit

3.       Pertemuan Ke 3
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·          Berdoa
·          Apersepsi (Guru bertanya “apakah setiap kelompok sudah menyelesaikan laporannya)
·          Menyampaikan tujuan pembelajaran
15 menit
Kegiatan Inti
Mengomunikasikan
·          Perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusi
·          Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi
60 menit
Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa cahaya
·         Guru memberikan memberikan penghargaan kepada kelompok yang bekerja baik.
·         Guru memberikan Tugas Rumah sebagai bahan pendalaman materi.
15 menit

F.         Penilaian
1.    Tekni Penilaian
1.1  Tes Tertulis dan Tes Lisan
1.2  Observasi
1.3  Penilaian praktek
2.    Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
2.1  Soal Pilihan ganda dan uraian dengan bobot penskoran sesuai dengan bobot soal.
2.2  Lembar observasi
Penskoran
2.3  Lembar praktik
G.        Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.    Media/alat
1.1  Video pembelajaran
1.2  Projektor
1.3  Labtob
1.4  Alat-Alat ukur
2.    Bahan
2.1  meja
2.2  batu
2.3  kubus
3.    Sumber belajar
3.1  Buku teks pelajaran
3.2  Lembar Kerja
3.3  Lembar tabulasi pengamatan siswa
3.4  Literature terkait dengan pengukuran


Menyetujui
Kepala Sekolah






SRININGSIH, S.Pd
NIY. 196605151211003
Rumbia, ………………………… 2014
Guru Mata Pelajaran






MAKSUM, S.Pd
NIY. 198404131211008

0 comments:

Post a Comment