Khasiat Beras Merah


BAB 1
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah

Selama ini kita hanya mengonsumsi beras putih saja, sehingga kita cenderung tidak tertarik untuk mencoba jenis yang lain. Padahal sebenarnya masih ada beberapa jenis yang memiliki kandungan sama atau bahkan lebih baik dari pada beras putih, misalnya beras merah. Sebagian orang enggan mengonsumsi beras merah karena nasinya padat dan pera, sehingga terasa seret di tenggorokan. Alasan lain mungkin karena harganya lebih tinggi dari beras putih atau sulit didapat. Padahal, sejak dulu kita tahu beras merah lebih bergizi dan kaya manfaat daripada beras putih.
Oleh karena itu, sehubungan dengan permasalahan di atas, peneliti ingin memaparkan khasiat beras merah bagi kesehatan tubuh.

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang diuraikan di atas maka permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan yaitu Apa khasiat beras merah bagi kesehatan tubuh?

C.    Tujuan

Tujuan penulisan karya ilmiah ini yaitu untuk mengetahui khasiat beras merah bagi kesehatan tubuh


BAB II
PEMBAHASAN


A.    Kandungan Beras Merah


Beras merah umumnya merupakan beras tumbuk (pecah kulit) yang dipisahkan bagian sekamnya saja, proses ini dapat merusak kandungan gizi beras. Sedangkan beras putih umumnya merupakan beras giling atau poles, yang bersih dari kulit ari dan lembaga.
Meski satu keluarga, beras merah berbeda secara genetik dengan beras putih. Warna merah pada beras merah berasal dari zat warna alami antosianin. Antosianin mempunyai sifat antioksidan, antikanker, antihipertensi, dan antihiperglikemik.
Bulir beras terdiri dari beberapa lapisan, paling luar disebut epikarp (sekam), lalu perikarp yang mengandung lapisan kulit ari (aleuron), biji beras (endosperm), dan lembaga atau mata beras. Kulit ari banyak mengandung asam lemak esensial, serat, vitamin, dan mineral. Beberapa kandunagn beras merah antara lain serat, fosfor, selenium, vitamin B1, B6, B12 asam lemak alfa-linolenat, zat besi, dan vitamin A yang tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh.

B.       Manfaat dan Khasiat Beras Merah

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat beras merah untuk kesehatan tubuh:
1.             Sumber serat yang tinggi
Serat yang tinggi pada beras merah dapat berfungsi mengganggu penyerapan gula dalam karbohidrat, serta mengganggu penyerapan lemak yang masuk bersama makanan sehingga akan lebih menyehatkan.
2.             Dapat membantu menurunkan kolesterol
Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh maka Anda dapat menurunkannya dengan menggunakan beras merah. Dengan mengkonsumsinya secara rutin dan teratur, maka kolesterol dapa dikontrol karena kandungan serat pada beras merah yang lebih tinggi dari pada beras putih.
3.             Sumber pembentuk energi tubuh
Beras merah mengandung vitamin B yang merupakan kunci untuk pembentukan energi bagi tubuh, karena pembentukan energi di sel difasilitasi oleh kecukupan vitamin B.
4.             Dapat mencegah kanker
Beras merah mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker, sehingga dengan terhambatnya radikal bebas tersebut dapat mencegah terjadinya kanker sejak dini.
5.             Mengontrol kadar gula darah
Beras merah memilki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi meningkatnya gula darh yang berasal karbohidrat. Dengan indeks glikemik yang rendah, beras merah mempunyai andil dalam mengatur kadar gula darah dan juga produksi insulin.
6.             Membuat lebih cepat kenyang
Sebuah penelitian yang dilakukan di British Journal of Nutrition menemukan bahwa dengan mengonsumsi karbohidrat yang kompleks, seperti oatmeal, beras merah, dan kentang akan membuat perut lebih cepat kenyang sampai berjam-jam dan makan tidak lebih dari 320 kalori perhari.
BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan

Berdasarkan uraian dan pembahasan di atas, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
Beras merah terbukti lebih baik dari pada beras putih, karena di dalam beras merah terdapat banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Beberapa manfaat dan khasiat beras merah antara lain sebagai sumber serat yang tinggi, dapat membantu menurunkan kolesterol, sebagai sumber pembentuk energi tubuh, dapat mencegah kanker, mengontrol kadar gula darah, dan membuat lebih cepat kenyang.

B.     Saran

Setelah mengetahui khasiat beras merah, penulis menyarankan kepada pembaca agar mengonsumsi beras merah, karena nutrisi yang terkandung dalam beras merah sangat baik untuk kesehatan tubuh.

DAFTAR PUSTAKA


Surtiretna, Nina.2006. Mengenal Makanan dan Kesehatan. Bandung: Wahana Iptek.
Health.kompas.com
Caraobat.blogspot.com
Manfaatsehat.com

0 comments:

Post a Comment