PUTRI SALJU (Cerita Rakyat apa Dongeng)



PUTERI SALJU

Dahulu ada seorang Ratu yang melahirkan seorang putri cantik dengan pipi merah,kulit putih,dan rambut hitam. Bayi itu diberinya nama putrid salju. Namun sungguh malang nasib putri salju, ibunya tidak dapat menemani lebih lama didunia ini. Sang ratu meninggal dunia dan ayahnya menikah lagi. Ratu baru ini cantik, namanya Ratu Elvira tetapi sifatnya penuh iri dan dengki. Hanya mementingkan diri sendiri. Ratu Elvira mempunyai benda ajaib yang paling disayanginya,yaitu sebuah cermin ajaib.
Setiap hari ia bertanya pada cerminnnya, “cermin kaca benggala,siapa wanita tercantik didunia ?”
Cermin itu menjawab, “O, Ratu,engkaulah wanita paling cantik didunia!” Tetapi,putrid salju semakin besar dan setiap hari menjadi semakin cantik. Pada suatu hari, ketika ratu bertanya, “cermin kaca benggala,siapa wanita tercantik didunia ?”
Kali ini cermin member jawaban lain,” O,Ratu,putrid saljulah wanita paling cantik didunia!”. Seketika wajah ratu cemberut, pucat dan marah.
Sejak pristiwa itu,Ratu sangat membenci putrid salju, sedangkan semakin hari gadis itu semakin cantik.
Dengan rasa marah Ratu memanggil seorang pemburu “Bawalah Putri Salju kehutan ,” Perintahnya . “Bunuh dia dan bawa jantungnya kepadaku.”
Pemburu itu membawa Putri Salju kehutan, tetai ia tidak sampai hati membunuhnya. “Larilah “ Bisiknya “dan jangan kembali!”
Putrid salju tak tau jalan dan ia sangat takut, “ Oh, kemana aku harus pergi ?” tangisnya. Ia terus berjalan seorang diri.
Akhirnya, ia melihat sebuah pondok ditempat terbuka.
Di luar dingin, maka putri salju mengintib kedalam. Ruangannya kecil dan aneh! Ada tujuh kursi kecil dantujuh piring kecil. Disepanjang dinding ada tujuh ranjang kecil. Putrid masuk, lalu berbaring disalah satu ranjang,karena capek ia tertidur.
Putrid Salju segera tertidur pulas. Ia tidak tahu bahwa ponok itu milik tujuh kurcaci yang bekerja ditambang sepanjang hari, mereka pulang dan menyalakan tujuh lilin. “ Astaga! Ada orang disini !” seru salah satu kurcaci. Ia terkejut ketika melihat Putri salju diranjang. Karena seruan itu, Putri Salju terbangun dan ketujuh kurcaci dating mengerumuninya. “Cantik sekali gadis ini!” kata mereka.
Putri salju bercerita tentang ibunya,Ratu yang jahat. Setelah bercerita, gadis itu mwnjadi sedih sehingga ia mulai menangis. “ Cup,cup,cup…!”kata kurcaci yang baik itu. “ Tinggalah bersama kami. Disini engkau akan aman dari wanita jahat itu. “ Putri Salju dengan senang hati menerima tawaran itu.”
Di istana, lagi-lagi ratu berdiri didepan cermin ajaibnya. Ia tidak tahu kalu sebenarnya pemburu itu tidak menjalankan perintahnya. Jantung yang diperlihatkannya adalah jantung binatang buruan,bukan jantung Putri salju. Sambil mengusap tangan dengan penuh rasa puas,ratu tersenyum dan berkata “ Cermin kaca bnggala,siapa wanita tercantik didunia? “ tak terduga cermin itu menjawab “ O,Ratu Putri Saljulah wanita tercantik didunia. Ditengah rimba,tempat kediaman tujuh kurcaci,disanalah putri salju berada”. Sang ratu menjerit marah ia merencanakan tindakan dendamnya.
Keesokan harinya,tujuh kurcaci berangkat kerja. Putri Salju merapikan pondok itu sambil bersenandung. Ia menyapu dan mengepel lantai, juga membersihkan perabot rumah tangga.
Tak lama kemudian,seorang nenek-nenek mengetuk pintu. Dialah sang ratu yang menyamar sebagai wanita penjual keliling. ‘ lihatlah barang-barang bagus ini, nak” katanya sambil tertawa.
Putri salju terpesona. Ia membiarkan wanita tua itu mengikatkan pita merah jambu dilehernya untuk mencobakan. Tiba-tiba wanita tua itu mengetatkan ikatannya! Putri salju tercekik dan jatuh ketanah. Para kurcaci menemukan Putri Salju tergeletak hampir mati.
Mereka melepaskan pitanya dan gadis itu bernafas lagi.paginya sudah sehat.
“penjaja itu si Ratu jahat !” kata kurcaci. Sebelum berangkat kerja, jangan membukakan pintu bagi orang yang tak dikebal. Sementara itu, lagi-lagi cermin ajaib memberi tahu Ratu bahwa Putri Salju belum mati. Ratupun marah dan ia menyamar lagi,kini sebagai nenek ramah penjual sisir.
Lagi-lagi,Putri Salju hampir mati karna sisir itu beracun. Kali ini para kucaci menjadi geram . “ Siapapun tidak boleh masuk rumah” kata mereka tegas. Ketia Ratu mengetahui dari cermin bahwa ia gagal lagi,kemarahannya memuncak. Ia bertekad untuk membunuh putrid salju.
Keesokan harinya. Ratu membawa sekeranjang apel beracun dan mengetuk pintu pondok kurcaci. “ Pintunya tidak usah dibuka , anak manis,’katanya licik,” tetapi cobalah apel yang matang ini. Rasanya segar dan nikmat sekali!” .
Putri salju tidak curiga pada apel merah ranum itu dan menggigitnya sepotong besar. Hanya beberapa saat setelah ia menggigit apel itu tubuhnya kejang lalu jatuh tersungkur ke lantai.
Ketika para kurcaci pulang sore hari,mereka menemukan putrid salju tergolek dilantai. Segala usaha untuk menyelamatkannya sia-sia saja. Ia tergeletak diam dan dingin. “Kita telah kehilangan gadis paling cantik di dunia” rata mereka.
Sementara itu jauh,jauh diistana,Ratu berdiri penuh keangkuhan di depan cerminnya. “ Cermin,kaca benggala ,siapa wanita tercantik didunia? “.
“cermin menjawab, “ Ratu Elvia, wanita tercantik didunia.’
Para kurcaci tidak dapat berpisah dengan Putri Salju. Pipinya masih Darah, kulitnya seputih salju, dan rambutnya sehitam kayu eboni. Oleh karena itu, para kurcaci membuat sebuah peti mati dari kaca dan dengan hati-hati membaringkan Putri Salju didalamnya.
Gadis yang terbaring itu tampak seolah-olah sedang tidur saja. Siang malam para kurcaci berjaga di samping peti. Pada suatu petang, lewatlah seorang pangeran muda. Begitu melihat putri Salju, ia jatuh cinta. “ Aku mohon padakalian ijinkan aku membawanya pulang.supaya ia dapat berbaring layak diistana.
Para kurcaci akhirnya sama setuju.
Dalam perjalanan,menuruni gunung. Pada saat suatu ketika salah seorang pelayan pengusung peti tersandung. Tiba tiba dari mulut Putri Salju keluar secuil apel yang selama ini tersangkut d kerongkongannya.
Putrid Salju membuka matanya dan memandang pangeran. Sang pangeran tentu saja gembira bukan kepalang. Dengan mata berbinar ia berkata “ Aku cinta padamu, maukah kau menjadi istriku? “.
Puti Saju mengangguk bahagia.
Para kurcaci merasa girang. Mereka melambai-lambaikan ketika melihat gadis cantik itu berangkat dengan pangeran. Putrid Salju akhirnya menikah dengan pangeran. Mereka hidup bahagia hingga hari tua. Sementara itu Ratu Elvira mati oleh niat jahatnya sendiri,ketika hendak pergi membunuh Putri Salju,Ratu Elvira terjatuh kejurang yang dalam bersama kereta kudanya.

0 comments:

Post a Comment