Contoh PKP-APKG 2
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 2 (APKG-PKP 2) PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA MAHASISWA | : |
NIM | : |
TEMPAT MENGAJAR | : |
KELAS | : IV |
MATA PELAJARAN/TEMA | : IPS |
WAKTU (JAM) | : |
HARI, TANGGAL | : |
UPBJJ-UT | : |
PETUNJUK
1. Amati dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Pusatkanlah perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
4. Khusus untuk butir 5, yaitu mendemontrasikan kemampuan khusus dengan mata pelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
5. Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1. Mengelola ruang dan fasilitas belajar 6.1. Menata fasilitas dan sumber belajar 6.2. Melaksanakan tugas rutin kelas 2. Melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran 2.1. Memulai pembelajaran 2.2. Melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan siswa, situasi dan lingkungan 2.3. Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan 2.4. Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis 2.5. Melaksanakan perbaikan pembelajaran secara individual, kelompok atau klasikal 2.6. Mengelola waktu pembelajaran secara efesien. 3. Mengelola interaksi kelas 3.1. Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran 3.2. Menangani pertanyaan dan respons siswa 3.3. Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat dan gerakan badan. 3.4. Memicu dan memelihara keterlibatan siswa 3.5. Memantapkan penguasaan materi pembelajaran. 4. Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar. 4.1. Menunjukkan sikap ramah, luwes, terbuka penuh pengertian dan sabar kepada siswa. 4.2. Menunjukkan kegairahan dalam mengajar 4.3. Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi. 4.4. Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangannya 4.5. Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri. 5. Mendemontrasikan kemampuan khusus dalam perbaikan pembelajaran mata pelajaran tertentu. IPS 5.1. Menerapkan metode bervariasi dalam pembelajaran IPS 5.2. Menggunakan media/alat bantu dalam pembelajaran IPS 5.3. Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran IPS 5.4. Ketepatan menggunakan istilah-istilah/konsep IPS dalam pembelajaran IPS 5.5. Menerapkan konsep IPS terpadu dalam kehidupan sehari-hari 6. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar 6.1. Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran 6.2. Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran 7. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran 7.1. Keefektifan proses pembelajaran 7.2. Penggunaan bahasa Indonesia lisan 7.3. Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa 7.4. Penampilan guru dalam pembelajaran |
Rata-rata butir 1 = A Rata-rata butir 2 = B Rata-rata butir 3 = C Rata-rata butir 4 = D Rata-rata butir 5 = E Rata-rata butir 6 = F Rata-rata butir 7 = G |
Mengetahui Kepala Sekolah, No.HP. ……………………… | Mataram Ilir,……………..….2013 Penilai1 NIP. No. HP. …………………….. |
*) Lingkari yang sesuai
0 comments:
Post a Comment