Telegraf, Faksimile, Televisi


1.      Telegraf
Telegraf adalah system telekomunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkan da menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik. Telegraf mengirimkan sinyal untuk jarak yang jauh melalui kabel-kabel tembaga.
Sinyal-sinyal yang dikirim oleh telegraf merupakan kode-kode sederhana yang mewakili pesan-pesan yang ingin dikirim. Sinyal-sinyal dengan menggunakan pulsa listrik menggunakan kabel tunggal. Kode-kode sederhana itu disebut dengan kode Morse, sesuai dengan nama penemunya .

2.      Faksimile (Feks)
Faksimile berasal dari kata facsimile yang artinya menyalin sama persis dengan aslinya. Mesin faks merupakan peralatan telekomunikasi yang digunakan untuk mengirimkan tulisan dan gambar melalu kabel telepon. Mesin faks memungkinkan orang-orang mengirimkan dokumen-dokumen bisnis dan dokumen cetak lainnya ketempat yang jauh dalam hitungan menit.

3.      Televise
Televise adalah sistem telekomunikasi yang mengirimkan dan menerima gambar dan suara dengan cara mengyTelevise adalah sistem telekomunikasi yang mengirimkan dan menerima gambar dan suara dengan cara mengirimkan dan menerima gambar dan suara dengan cara mengirimkan sinyal-sinyal elektronik melalui kabel dan serat optic, atau dengan menggunakan gelombang elektromaghnetik. Biasanya, sinyal-sinyal tersebut dipancarkan dari sebuah pusat sumber yang disebut stasiun televise. Kemudian, sebuah sistem relai memancarkan kembali sinyal-sinyal tersebut agar bias ditangkap oleh antenna penerima dirumah-rumah yang letaknya jauh dari atasiun. Selain itu,ada juga perusahaan layanan tivi kabel yang memberikan layanan televise kerumah-rumah melalui kabel atau dengan menggunakan antenna khusus.

1.      Seorang peneliti amerika bernama Samuel Finley Breese Morse adalah penemu ?
a.      Semapor                   c. telegraf
b.      Telepon                    d. radio
2.      Alexander Graham Bell adalah orang yang berjasa dalam penemuan ?
a.      Televise                    c. telegraf
b.      Telepon                    d. radio
3.      Mesin faks mengirimkan pesan melalui ?
a.      Gelombang elektromagnetik
b.      Kabel telepon
c.       Gelombang radio
d.      internet


0 comments:

Post a Comment