PKP-APKG 1
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1 (APKG-PKP 1) PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA MAHASISWA | : |
NIM | : |
TEMPAT MENGAJAR | : |
KELAS | : IV |
MATA PELAJARAN/TEMA | : IPA |
WAKTU (JAM) | : |
HARI, TANGGAL | : |
UPBJJ-UT | : |
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :
1. Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan merumuskan Tujuan/Indikator perbaikan pembelajaran 1.1. Mengunakan bahan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan masalah yang diperbaiki 1.2. Merumuskan tujuan khusus/Indikator perbaikan pembelajaran 2. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, menentukan tema, media (alat bantu pembelajaran) dan sumber belajar 2.1. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran 2.2. Mengembangkan jaringan tema dan menentukan tema (Khusus untuk pembelajaran tematik) 2.3. Menentukan dan mengembangkan alat bantu pembelajaran 2.4. Memilih sumber belajar 3. Merencanakan skenario pebaikan pembelajaran 3.1. Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran/ yang sesuai dengan tema (untuk pembelajaran tematik) 3.2. Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran/ yang sesuai tema (untuk pembelajaran tematik) 3.3. Menentukan alokasi waktu perbaikan pembelajaran 3.4. Menentukan cara-cara memotivasi siswa 3.5. Menyiapkan pembelajaran 4. Merancang pengolahan kelas perbaikan pembelajaran 4.1. Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar 4.2. Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran 5. Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian perbaikan pembelajaran 5.1. Menentukan prosedur dan jenis penilaian (khusus untuk pembelajaran tematik prosedur penilaian harus dilakukan secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh) 5.2. Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban 6. Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran 6.1. Kebersihan dan kerapian 6.2. Penggunaan bahasa tulis |
Rata-rata butir 1 = A
Rata-rata butir 2 = B
Rata-rata butir 3 = C
Rata-rata butir 4 = D
Rata-rata butir 5 = E
Rata-rata butir 6 = F |
Mengetahui Kepala Sekolah, No.HP. ……………………… | Mataram Ilir,……………..….2013 Penilai1 NIP. No. HP. …………………….. |
*) Lingkari yang sesuai
0 comments:
Post a Comment