RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU
Mata Pelajaran : 1. Bahasa Indonesia 2. Matematika 3. IPA Tema : Tumbuhan Kelas / Semester : I / 1 Waktu : 3 Kali Pertemuan (6 x 35 Menit)
I. Standar Kompetensi 1. Bahasa Indonesia
2. Matematika
3. IPA | =>
=>
=> | Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin.
Mengenal berbagai bangun ruang
Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan perubahan bentuk benda. |
II. Kompetensi Dasar 1. Bahasa Indonesia
2. Matematika
3. IPA | =>
=>
=> | Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas
Menentukan urutan benda-benda bangun ruang sejenis menurut besarnya.
Mengenal benda-benda yang dapat diubah bentuknya |
III. Indikator 1. Bahasa Indonesia
2. Matematika
3. IPA | =>
=>
=> | Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas
- Menentukan urutan benda-benda bangun ruang sejenis menurut besarnya. - Mengelompokkan benda-benda bangun ruang melalui alat peraga yang ada di dalam kelas.
Menyebutkan benda-benda yang dapat diubah bentuknya |
IV. Pokok Materi 1. Bahasa Indonesia
2. Matematika
3. IPA | =>
=>
=> | Puisi
Bangun Ruang
Bentuk Benda |
V. Media dan Sumber Belajar 1. Buku tematik 3 kelas 1 2. Alat peraga benda sekitar 3. Tabel abjad 4. Alat peraga bangun ruang
VI. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Penugasan 4. Pemecahan masalah
VII. Kegiatan Pembelajaran Tahap Pembelajaran | Kegiatan Siswa dan Guru | Waktu (dalam menit) | Pendahuluan | 1. Apersepsi 2. Bercerita tentang Kegiatan sehari hari pada materi yang akan disajikan 3. Melakukan tanya jawab tentang kegiatan sehari-hari | 10 | Penyajian | 1. Mencontoh dipapan tulis puisi anak sederhana dengan huruf lepas 2. Mengidentifikasi benda-benda bangun ruang melalui alat peraga yang ada di depan kelas 3. Mengidentifikasi benda-benda yang ada dilingkungan sekitar | 45 | Penutup | 1. Guru memberi penegasan tentang materi kegemaran yang di ajarkan 2. Memberi kesimpulan/menyimpulkan materi yang diajarkan 3. Memberikan Pekerjaan Rumah (PR) kepada siswa | 15 |
VIII. Evaluasi 1. Performanca (kinerja) Tes perbuatan - Dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. - Penampilan siswa membaca, mendelamasikan puisi
2. Tes Tertulis Kemampuan siswa saat mengerjakan soal latihan/kegiatan dengan benar.
|
0 comments:
Post a Comment