Contoh RPP Terpadu


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU


Mata Pelajaran     :           1.         Bahasa Indonesia
2.        Matematika
3.        IPA
Tema                                              :           Tumbuhan
Kelas / Semester    : I / 1
Waktu                                            : 3 Kali Pertemuan (6 x 35 Menit)


I.               Standar Kompetensi
1.        Bahasa Indonesia


2.        Matematika

3.        IPA
=>


=>

=>
Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin.

Mengenal berbagai bangun ruang

Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan perubahan bentuk benda.

  II.          Kompetensi Dasar
1.        Bahasa Indonesia

2.        Matematika


3.        IPA
=>

=>


=>
Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas

Menentukan urutan benda-benda bangun ruang sejenis menurut besarnya.

Mengenal benda-benda yang dapat diubah bentuknya

III.          Indikator
1.        Bahasa Indonesia

2.        Matematika




3.        IPA
=>

=>




=>
Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas

-       Menentukan urutan benda-benda bangun ruang sejenis menurut besarnya.
-       Mengelompokkan benda-benda bangun ruang melalui alat peraga yang ada di dalam kelas.

Menyebutkan benda-benda yang dapat diubah bentuknya

IV.          Pokok Materi
1.        Bahasa Indonesia

2.        Matematika

3.        IPA
=>

=>

=>
Puisi

Bangun Ruang

Bentuk Benda

  V.          Media dan Sumber Belajar
1.      Buku tematik 3 kelas 1
2.      Alat peraga benda sekitar
3.      Tabel abjad
4.      Alat peraga bangun ruang

VI.          Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Penugasan
4.      Pemecahan masalah

VII.     Kegiatan Pembelajaran
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Siswa dan Guru
Waktu (dalam menit)
Pendahuluan
1.     Apersepsi
2.     Bercerita tentang Kegiatan sehari hari pada materi yang akan disajikan
3.     Melakukan tanya jawab tentang kegiatan sehari-hari
10
Penyajian
1.     Mencontoh dipapan tulis puisi anak sederhana dengan huruf lepas
2.     Mengidentifikasi benda-benda bangun ruang melalui alat peraga yang ada di depan kelas
3.     Mengidentifikasi benda-benda yang ada dilingkungan sekitar
45
Penutup
1.     Guru memberi penegasan tentang materi kegemaran yang di ajarkan
2.     Memberi kesimpulan/menyimpulkan materi yang diajarkan
3.     Memberikan Pekerjaan Rumah (PR) kepada siswa
15

VIII.     Evaluasi
1.      Performanca (kinerja) Tes perbuatan
-       Dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.
-       Penampilan siswa membaca, mendelamasikan puisi

2.      Tes Tertulis
Kemampuan siswa saat mengerjakan soal latihan/kegiatan dengan benar.









0 comments:

Post a Comment