Contoh Skripsi PTK IPS Terbaru Abstrak



PENGARUH PENGUASAAN PENGETAHUAN MANAJEMEN BISNIS TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS
XI SEMESTER GENAP PROGRAM KEAHLIAN OTOMOTIF
SMK MUHAMMADIYAH 2 METRO
TAHUN PELAJARAN 2011/2012



SKRIPSI





OLEH
SUSANTI
NPM. 09211509
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
2013
PENGARUH PENGUASAAN PENGETAHUAN MANAJEMEN BISNIS TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS
XI SEMESTER GENAP PROGRAM KEAHLIAN OTOMOTIF
SMK MUHAMMADIYAH 2 METRO
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Dalam Menyelesaikan Program Sarjana Jurusan Pendidikan IPS Program Studi Pendidikan Ekonomi.


OLEH
SUSANTI
NPM. 09211509
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PENDIDIKAN IPS
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
2012














ABSTRAK
Susanti. 2012. Pengaruh Penguasaan Pengetahuan Manajemen Bisnis Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI Semester Genap Program Keahlian Otomotif SMK Muhammadiyah 2 Metro Tahun Pelajaran  2011/2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan IPS, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Drs. H. Sudarso (2) Dra. Ningrum, M.TA

Kata Kunci: Pengaruh Penguasaan Pengetahuan Manajemen Bisnis dan Hasil Belajar

Pendidikan merupakan proses pembelajaran di sekolah yang bertujuan untuk mendewasakan anak didik dan mempersiapkan mereka agar mampu menghadapi masa depan dengan lebih baik. Mendewasakan anak didik mengandung berbagai tujuan seperti: kecerdasan, berpribadi luhur, memiliki pengetahuan, keterampilan beberapa tujuan tersebut tercermin dalam output belajarnya yaitu berupa hasil belajar.
Kemudian yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Masih banyak siswa yang belum tuntas dalam mengikuti mata pelajaran kewirausahaan kelas XI semester genap program keahlian otomotif SMK Muhammadiyah 2 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012”. Permasalahan tersebut dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: “Apakah ada pengaruh penguasaan pengetahuan manajemen bisnis terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI semester genap program keahlian otomotif SMK Muhammadiyah 2 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui pengaruh penguasaan pengetahuan manajemen bisnis terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI semester genap program keahlian otomotif SMK Muhammadiyah 2 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun kegunaannya untuk menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman bagi penulis.
Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini: “Ada pengaruh yang positif penguasaan pengetahuan manajemen bisnis terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI semester genap program keahlian otomotif SMK Muhammadiyah 2 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012”. Penelitian ini dilaksanakan pada 31 siswa kelas XI otomotif 1 semester genap SMK Muhammadiyah 2 Metro sebagai sampel, yang ditentukan secara Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, eksperimen dan tes. Sedangkan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas digunakan rumus Alpha.
r11= 

SUSANTI
Dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus Regresi Linier Sederhana yaitu Ŷ = a + bx. Nilai Ŷ = 55,9899 + 0,3588 x yang dilanjutkan dengan rumus thitung yaitu  dan  dengan taraf signifikan 5% dan  dengan taraf signifikan 1%. Dengan begitu thit > ttab yaitu 4,63 > 1,70 dan 4,63 > 2,46.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis dapat diterima sebab thitung (thit) = 4,63 lebih besar daripada ttabel (ttab) = 1,70 dan 2,46. Dengan demikian menunjukkan bahwa penguasaan pengetahuan manajemen bisnis mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI otomotif 1 SMK Muhammadiyah 2 Metro tahun pelajaran 2011/2012.
Saran yang dapat penulis ajukan yaitu agar hasil belajar meningkat diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan penguasaan pengetahuan manajemen bisnis dan memahami karakteristik siswa, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan kondusif, serta mampu meningkatkan hasil belajar secara optimal.




























PERSETUJUAN


Skripsi oleh SUSANTI ini,
Telah di periksa dan di setujui untuk di uji
Metro, 8 Mei 2012
Pembimbing I


Drs. H. Sudarso
NIP. 13052180700
Metro, 8 Mei 2012
Pembimbing II


Dra. Ningrum, M.TA
NIP. 19580325 198503 2 001

Mengetahui Ketua Jurusan
Pendidikan IPS


Drs. H. Ragil Agustono, M.Pd
NIP. 19640824 198803 1 005


 PERSEMBAHAN

Dengan kerendahan hati dan rasa syukur kepada Allah SWT, penulis skripsi ini disusun dan dipertanggung jawabkan dalam ujian, sebagai salah satu tanda bakti dan kecintaan penulis kepada:
1.      Ibunda (Sulastri) dan Alm Ayahanda (Sugianto) yang kusayangi dan kucintai, yang senantiasa memberikan keteduhan dalam hidupku dan memberikan dukungan demi keberhasilan studiku.
2.      Adikku yang ku sayangi (Adi Susanto) yang selalu memberikan dukungan serta doa untuk keberhasilanku.
3.      Ayah ku tercinta (Samsul Efendi) yang telah memberikan semangat, motivasi serta dukungan dalam melalui studiku.
4.      Seluruh keluarga besarku yang selalu mendo’akan keberhasilanku.
5.      Sahabat-sahabat terbaikku (Dewi, Rita, Rika, Desi, Vika, Nida, Titi, Mei dll) terima kasih atas doa, bantuan, dukungan dan motivasi dalam menyelesaikan studiku.
6.      Rekan-rekan seperjuangan Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2008 terima kasih atas doa, bantuan dan motivasinya selama ini, 4 tahun bersama kalian mengukir kenangan indah dalam perjalanan hidupku.
7.      Teman-temanku yang tergabung dalam PPLT SMK Muhammadiyah 2 Metro (Mahfud, Mei, Kartika, Nugroho, Andri, Royan, Koko, Maya, Meli, dan Ardi) terima kasih atas motivasinya, 3 bulan bersama kalian mengukir kenangan indah yang tak terlupakan dalam perjalanan hidupku.
8.      Almamater Universitas Muhammadiyah Metro.




KATA PENGANTAR
                                                              
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini dalam rangka melengkapi salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro.
Skripsi ini berjudul Pengaruh Penguasaan Pengetahuan Manajemen Bisnis Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI Semester Genap Program Keahlian Otomotif SMK Muhammadiyah 2 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012”.
Penulis menyadari bahwa tanpa bantuan dan bimbingan dari pihak lain tidak mungkin skripsi ini dapat terselesaikan. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih dari lubuk hati yang paling dalam kepada yang terhormat:
1.      Bapak Dr. H. Handoko Santoso, M.Pd, selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Metro.
2.      Bapak Drs. Purwiro Harjati, M.Pd, selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro.
3.      Bapak Drs. H. Ragil Agustono, M.Pd, selaku Ketua Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan  dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro.
4.      Ibu Dra. Hj. Maryatun, M.M, selaku Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro.
5.      Bapak Drs. H. Sudarso selaku pembimbing I yang telah memberikan bimbingan, arahan, saran, petunjuk dan motivasi kepada penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
6.      Ibu Drs. Ningrum, M.TA, selaku pembimbing II penulisan skripsi yang telah membimbing, mengarahkan dan memotivasi penulis demi kesempurnaan skripsi ini.
7.      Bapak dan Ibu Dosen di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro, khususnya Program Studi Pendidikan Ekonomi.
8.      Bapak Mushonip, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2Metro, atas kerjasamanya sehingga penulis dapat menyelesaikan penelitian ini dengan baik.
9.      Bapak Sunaryo, S.Pd, selaku guru Kewirausahaan SMK Muhammadiyah 2 Metro yang telah memberikan banyak bantuannya.
10.  Dan semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan skripsi ini.
Penulis menyadari bahwa dalam skripsi ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan. Mudah-mudahan skripsi ini dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di Bidang Pendidikan Ekonomi.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Metro, 8 Mei 2012
Penulis




SUSANTI
NPM. 09211509 P

DAFTAR ISI
                                                                                                                  Halaman
HALAMAN SAMPUL  ..........................................................................       i
HALAMAN LOGO .................................................................................       ii
HALAMAN JUDUL................................................................................       iii
ABSTRAK................................................................................................       iv
HALAMAN PERSETUJUAN................................................................       vi
MOTTO.....................................................................................................       vii
HALAMAN PERSEMBAHAN..............................................................       viii
KATA PENGANTAR.............................................................................       ix
DAFTAR ISI.............................................................................................       xi
DAFTAR TABEL....................................................................................       xiii
DAFTAR GAMBAR...............................................................................       xiv
DAFTAR LAMPIRAN...........................................................................       xv
BAB I       PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah .....................................................        1
B.  Rumusan Masalah ..............................................................        5
C.  Tujuan Penelitian ................................................................        6
D.  Kegunaan Penelitian ..........................................................        6
E.   Asumsi dan Keterbatasan Penelitian...................................        6
F.   Ruang Lingkup Penelitian...................................................        7
G.  Definisi Istilah dan Definisi Operasional Variabel.............       8
BAB II       KAJIAN PUSTAKA                                           
A.  Penguasaan Pengetahuan Manajemen Bisnis......................       9
B.  Hasil Belajar........................................................................      16
C. Kaitan Antara Variabel.......................................................      18
D. Kerangka Pikir dan Paradigma...........................................      19
E. Hipotesis..............................................................................      23
BAB III     METODE PENELITIAN
A.  Rancangan Penelitian..........................................................      24
B.  Populasi dan Sampel...........................................................      26
C.  Instrumen Penelitian...........................................................      27
D.  Teknik Pengumpulan Data..................................................      30
E.   Teknik Analisis Data...........................................................      33
BAB IV     HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Gambaran Umum Tempat Penelitian..................................      39
B.  Pelaksanaan Penelitian........................................................      80
C.  Analisis Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur.....................      82
D.  Deskripsi Hasil Penelitian...................................................      87
E.   Analisis Data dan Pengujian Hipotesis...............................      93
BAB V       KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan.........................................................................     120
B.  Saran ..................................................................................     121
DAFTAR PUSTAKA 
LAMPIRAN
RIWAYAT HIDUP


















DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                          Halaman
1.      Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI Program Keahlian
Otomotif SMK Muhammadiyah 2 Metro.............................................      4
2.      Tenaga Kependidikan SMK Muhammadiyah 2 Metro........................     43
3.      Keadaan Siswa SMK Muhammadiyah 2 Metro...................................     47
4.      Kondisi Sarana dan Prasarana SMK Muhammadiyah 2 Metro............     48
5.      Fasilitas Laboratorium Komputer SMK Muhammadiyah 2 Metro.......     50
6.      Fasilitas Praktek Mekanik Otomotif SMK Muhammadiyah 2 Metro..     51
7.      Fasilitas Praktek Teknik Mesin Perkakas..............................................     60
8.      Perolehan Prestasi SMK Muhammadiyah 2 Metro...............................     72
9.      Hasil Uji Coba Instrumen Pada 20 Responden....................................     83
10.  Daftar Kode Sampel Siswa Kelas XI Oto 1 SMK Muhammadiyah 2
Metro...................................................................................................     87
11.  Hasil Pretest Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI Oto 1 SMK
Muhammadiyah 2 Metro.....................................................................     88
12.  Klasifikasi Hasil Pretest Siswa Kelas XI Oto 1 SMK
Muhammadiyah 2 Metro.....................................................................     89
13.  Kelas Interval Hasil Pretest Kewirausahaan Siswa Kelas XI Oto 1
SMK Muhammadiyah 2 Metro............................................................     90
14.  Klasifikasi Hasil Postest Siswa Kelas XI Oto 1 SMK
Muhammadiyah 2 Metro.....................................................................     91
15.  Hasil Postest Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI Oto 1 SMK
Muhammadiyah 2 Metro.....................................................................     92
16.  Kelas Interval Hasil Postest Kewirausahaan Siswa Kelas XI Oto 1
SMK Muhammadiyah 2 Metro............................................................     93
17.  Daftar Distribusi Frekuensi Data Pretest .............................................     95
18.  Daftar Frekuensi Pengamatan yang diharapkan Dari Hasil Belajar......     98
19.  Daftar Distribusi Frekuensi Data Postest.............................................   102
20.  Daftar Frekuensi Pengamatan yang diharapkan Dari Hasil Belajar......   105
21.  Analisis Pengaruh Penguasaan Pengetahuan Manajemen Bisnis
Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI Oto SMK
Muhammadiyah 2 Metro.....................................................................   113

DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                  Halaman
1.      Kerangka Anggapan Dasar...................................................................     20
2.      Kerangka Analitik.................................................................................     21
3.      Paradigma.............................................................................................     22
4.      Struktur Organisasi SMP Negeri 7 Metro.............................................    63

















DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                                   Halaman
1.      Silabus Pembelajaran............................................................................      122
2.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)...........................................      129
3.      Kisi-Kisi Penulisan Soal Pretest............................................................      134
4.      Soal Pretest...........................................................................................      135
5.      Kunci Jawaban Soal Pretest..................................................................      136
6.      Kisi-Kisi Penulisan Soal Postest...........................................................      137
7.      Soal Postest...........................................................................................      138
8.      Kunci Jawaban Soal Postest.................................................................      139
9.      Hasil Pretest Kewirausahaan Siswa Kelas XI Oto 1 SMK
Muhammadiyah 2 Metro......................................................................      140
10.  Hasil Postest Kewirausahaan Siswa Kelas XI Oto 1 SMK
Muhammadiyah 2 Metro......................................................................      142
11.  Daftar Nama-nama Siswa Kelas XI Oto 1 SMK
Muhammadiyah 2 Metro......................................................................      144
12.  Surat Izin Penelitian..............................................................................      146
13.  Surat Balasan Izin Penelitian dari Kepala Sekolah SMK
Muhammadiyah 2 Metro......................................................................     147
14.  Surat Tugas Penelitian..........................................................................      148    
15.  Surat Bimbingan Skripsi.......................................................................      149
16.  Dokumentasi.........................................................................................      150

0 comments:

Post a Comment